HOME

Blog

Blog merupakan halaman web yang terdiri dari tulisan-tulisan singkat, yang lebih sering kita kenal dengan post. Tulisan itu dibuat dengan tata cara letak dalam web.

Web dapat diartikan sebagai situs internet, sedangkan Log sendiri dapat diartikan sebagai sebuah catatan pribadi atau bisa disebut juga catatan harian. Jadi, disimpulkan bahwa Blog adalah catatn pribadi atau harian yang terdapat di Internet. Sebutan untuk orang yang mebuat blog adalah Blogger.

Menurut info yang saya dapat, mengatakan bahwa blog pertama kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum adanya Nestcape. Lalu pada Januari 1994, Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai blog pertama seperti kita sekarang ini.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog beredar masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena untuk membuat Blog diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan Website, HTML dan Web Hosting sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang dapat menciptakan blog.

Pada tahun 1999 "penampakan" blog kian bertambah. Masing-masing blog tersebut memilih topik bahasan sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, politik, olahraga dan masih banyak lagi. Tujuan dari blog adalah untuk memberitahukan atau mempublikasikan setiap ide tau gagasan yang dimiliki blogger kepada masyarakat luas. Selain itu, blog juga dapat digunakan untuk membuat file sharing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar