HOME

Organisasi

Organisasi berasal dari bahasa Yunani ὄργανον, organon yang berarti alat. Dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya sebagai kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan (Stephen P. Robbins). Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerja sama, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya yabg ada dan digunakan secara efektif untuk mencapai tujuan dari organisasi.

Sebuah organisasi akan dianggap baik apabila organisasi tersebut diakui keberadaannya oleh masyarakat. Masyarakat akan memberikan pengakuan bilamana organisasi tersebut memberikan kontribusi dalam masyarakat tersebut.

Fungsi Organisasi
1. Memberi penerangan dan penjelasan berkaitan dasar-dasar, falsafah dan wawasan negara.
2. Mengurus isu dan maklum balas awam sebagai input kepada perancangan Jabatan, Kementerian.
3. Membina, mengukuh dan memperluaskan jaringan komunikasi yang menyeluruh dan berkesan dalam menguruskan maklumat strategik.
4. Membantu KPKK dalam menyediakan perkhidmatan perundingan perhubungan awam kepada agensi kerajaan di peringkat pusat, negeri dan daerah.
5. Menyediakan khidmat kepakaran dan penerbitan bahan-bahan maklumat serta komunikasi visual.
6. Memberi khidmat teras yang berkualiti dalam aspek perancangan dasar, pengurusan kewangan, sumber manusia, pentadbiran.

Selain itu menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut.
• Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama [2].
• James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
• Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat.Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus.Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Ciri ciri Organisasi (Modern)
Ada Beberapa ciri ciri dari organisasi, disini bahasan tentang sebuah organisasi modern :
1. Organisasi akan bertambah besar.
2. Pengolahan sebuah data akan semakin efektif.
3. Anggota akan lebih efektif dalam bekerja.
4. Adanya prinsip prinsip atau asas organisasi.
5. Unsur unsur dari organisasi akan semakin lengkap.

Unsur unsur Organisasi
Unsur dari organisasi terdiri dari apa yang akan menjalankan organisasi tersebut, yaitu :
1. Manusia
2. Kerja sama
3. Tujuan Bersama
4. Peralatan
5. Kekayaan atau sumber daya alam
6. Kerangka atau Konstruksi mental organisasi

http://www.penerangan.gov.my/index.php/bm/profil-organisasi/fungsi-organisasi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar